YOU ARE THE :

Selasa, 14 Februari 2012

Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Aku lagi sibuk luarrrrr biasa, maklumlah anak sekolah hehe. Besok UH 2 agama dan kebetulan materinya diuruh cari sendiri, cuma dikasih indikatornya aja. Jadi biar temen-temen yang lain nggak kebingungan kalo disuruh cari materi yang kayak gini juga, aku mau share apa aja penjabaran dari 10 indikator yang dikasi Bu As minggu kemarin.
Silahkan disimak ;)


PB II: IMAN KEPADA NABI DAN RASUL ALLAH
Disusun oleh: Cahayani Yogaswari
Kelas: VIII-1
Sekolah: SMPN 4 Pekanbaru



INDIKATOR:
1. Pengertian nabi dan rasul
2. Pengertian iman kepada nabi dan rasul
3. Dalil naqli yang berhubungan dengan iman kepada rasul
4. Jumlah serta nama nabi dan rasul
5. Sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi rasul
6. Pengertian ulul azmi serta rasul yang mendapat gelar ulul azmi
7. Pengertian mu'jizat, rasul yang mendapat mu'jizat, serta mu'jizat yang diterimanya
8. Tugas-tugas para rasul beserta dalilnya masin-masing
9. Fungsi beriman kepada rasul-rasul Allah
10. Cara memelihara dan menumbuhkan rasa iman kepada rasul Allah


PENJABARAN

1. Pengertian Nabi dan Rasul

a. Nabi adalah laki-laki pilihan Allah SWT yang diberikan wahyu kepadanya dan TIDAK WAJIB menyampaikannya kepada orang lain
b. Rasul adalah laki-laki pilihan Allah SWT yang diberikan wahyu kepadanya dan WAJIB menyampaikannya kepada orang lain

Jadi, perbedaan Nabi dan Rasul adalah:
Nabi tidak wajib menyampaikan wahyu yang diterimanya kepada orang lain, sedangkan rasul wajib menyampaikannya.

2. Pengertian iman kepada nabi dan rasul

Iman kepada nabi dan rasul berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT memilih beberapa laki-laki untuk diberikan wahyu kepadanya untuk kebahagiaan dunia dan akhirat

3. Dalil Naqli yang berhubungan dengan iman kepada nabi dan rasul

"Iman itu ialah percaya akan adanya Allah SWT, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, hari akhir, serta iman kepada takdir baik dan buruk"-H.R. Muslim

4. Jumlah serta nama-nama nabi dan rasul


Jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui umat muslim ada 25 orang, yaitu:

Adam, Idris, Nuh, Hud, Shaleh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Ya'kub, Yusuf, Ayub, Syu'aib, Musa, Harun, Zulkifli, Yunus, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Daud, Zakaria, Yahya, Isa, Muhammad

5. Sifat wajib, mustahil, dan ja'iz bagi rasul

Sifat wajib bagi rasul ada 4:

SHIDDIQ artinya JUJUR
AMANAH artinya DAPAT DIPERCAYA
TABLIGH artinya MENYAMPAIKAN
FATHANAH artinya CERDAS

Sifat mustahil bagi rasul juga ada 4:

KIZBUN artinya DUSTA
KHIANAT artinya tidak dapat dipercaya
KITMAN artinya MENYEMBUNYIKAN
BALADAH artinya BODOH

Sifat ja'iz bagi rasul merupakan sifat yang diperbolehkan, antara lain:

makan minum, tidur, beristri, sakit, sedih, dll

6. Pengertian ulul azmi serta rasul yang mendapatkan gelar tersebut

Ulul azmi berarti orang yang memiliki keteguhan hati

Rasul ulul azmi antara lain:

Nuh AS
Ibrahim AS
Musa AS
Isa AS
Muhammad SAW

7. Pengertian Mu'jizat, rasul yang mendapat mu'jizat, serta mu'izat yang diterimanya

Mu'jizat adalah kemampuan luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada rasul-Nya dan tidak dapat ditiru oleh siapapun karena mu'jizat merupakan pendukung kerasulan seorang rasul

Rasul yang menerima mu'jizat:

Nuh AS : Dapat membuat perahu besar sebagai penyelamat umat beriman dan sepasang hewan yang hidup dari bencana banjir pada masa itu

Ibrahim AS : Tidak hangus dibakar oleh Raja Namrud

Musa AS : Tongkatnya berubah menjadi ular dan dapat membelah laut merah

Isa AS : Dapat menghidupkan burung dari tanah, dapat menghidupkan orang mati, dapat menyembuhkan penyakit kusta

Muhammad SAW : Dari sela-sela jarinya keluat air untuk minum dan berwudu, dapat membelah bulan menjadi dua, dapat naik ke atas langit, dan mu'jizat yang terbesar adalah Al-Qur'anul Karim

Yusuf AS : Dapat mentakwilkan mimpi-mimpi

Shaleh AS : Unta betina yang air susunya tidak habis diminum seluruh penduduk suatu negeri

Yunus AS : Dapat hidup dalam perut ikan nun selama tiga hari

Daud AS : Memiliki suara yang sangat merdu dan sanggup melunakkan besi dengan tangan kosong

Sulaiman AS : Dapat berbicara dengna bahasa hewan, menguasai jin, menundukkan angin, dan memiliki permadani dari sutera hijau berbenang emas

8. Tugas Rasul beserta dalil naqlinya masing-masing

a) Membawa kebenaran

Dalil Naqli: " Inna arsalnaka bil haq" artinya: Sesungguhnya kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran-Q.S Fatir ayat 24

b) Membawa kabar gembira bagi kaum yang beriman

c) Memberi peringatan bagi kaum yang ingkar

Dalil Naqli : "Wa maa nursalinal mursalina almubasyirina wa mundzirina" artinya : Dan tidaklah kami mengutus para rasul melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan- Q.S. Al-An'am ayat 48

9. Fungsi beriman kepada Rasul Allah

1. Mendapat rahmat Allah
2. Mendapat figur yang dapat dijadikan suri tauladan
3. Sebagai perantara mengenal Allah dengan segala sifat kesempurnaan-Nya
4. Dapat membedakan yang haq dan yang batil
5. Dapat mengetahui adanya kehidupan setelah mati

10. Cara memelihara dan menumbuhkan rasa iman kepada rasul Allah

1. Meyakini dengan sepenuh hati bahwa rasul Allah merupakan manusia biasa namun memiliki beberapa kelebihan
2. Meyakini dengan sepenuh hati bahwa tugas-tugasnya merupakan perintah Allah SWT
3. Meyakini dengan sepenuh hari bahwa Rasulullah SAW merupakan rasul terakhir dan tidak akan ada rasul setelahnya
4. Meneladani sikap dan perilaku Rasulullah baik dalam habluminallah maupun habluminannas


Maaf kalo banyak kekurangannya, kan masih belajar :p
Semoga bermanfaat,



Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

2 komentar:

  1. waalaikum salam..
    oke.. ada tugas jg nih lumayan ngebantu makasih y,, mampir y ke blog sya mbaguzkhoirunas.bogspot.com
    sya dri rks slm kenal :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah kalau bermanfaat, btw blognya udah dikunjungi :) salam kenal juga :)

    BalasHapus

Check your pagerank!

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service